Minggu, 05 Februari 2012

LINGKUNGAN BELAJAR YANG IDEAL DAN MENYENANGKAN


Proses belajar berlangsung dalam suasana lingkungan merupakan hasil komposisi dimensi ruang dan waktu, disertai fasilitas pembelajaran dan suasana psikologis. Lingkungan yang bising dan ramai tentu kurang cocok untuk belajar karena kebisingan dan keramaian dapat mengganggu konsentrasi anak didik. Namun lingkungan yang terlalu sunyi dan senyap kurang cocok untuk belajar karena akan membuat anak didik mudah mengantuk dan mudah bosan. Untuk menciptakan lingkungan yang kondusif, kita perlu melakukan penataan fasilitas belajar-mengajar yang meliputi: perabotan, pencahayaan, alat bantu visual, tata letak, temperatur, tanaman, kenyamanan, dan suasana hati.

  1. PERABOTAN
Pada umumnya kelas terdapat ada lemari, kursi, rak buku, meja, papan tulis, alat peraga, dan lain-lain. Perabot tersebut hendaknya ditata sebaik mungkin, sehingga ruang kelas terlihat teratur. Kebersihannya juga harus diperhatikan. Jangan lupa sediakan kotak sampah di kelas masing-masing. Biasakan siswa membuang sampah di tempat sampah.

  1. PENCAHAYAAN
Ruang kelas harus cukup terang, sehingga cukup memfasilitasi mata untuk membaca buku maupun tulisan di papan tulis dengan jelas. Usahakan ruang kelas yang mempunyai jendela banyak, penerangan cahaya matahari cukup untuk kelas. Sediakan lampu menerangkan kelas di kala sore hari, malam hari atau hari mendung/hujan.

  1. ALAT BANTU VISUAL
Alat bantu visual terdiri dari papan tulis, papan tempel, alat peraga, OHP, dan lain-lain. Semuanya itu hendaknya ditempatkan secara teratur, digunakan secara tepat, dan disimpan kemblai secara aman.

  1. TATA LETAK
Meja dan kursi merupakan sarana pokok siswa untuk duduk, membaca, menulis, dan menggambar. Fungsi itu harus diusahakan maksimal. Tata letaknya diubah-ubah sesuai dengan situasi. Bagi sekolah SLB/B, format meja dan kursi adalah melingkar. Format ini berguna untuk memudahkan proses belajar mengajar, yaitu antar siswa maupun siswa-guru dapat saling memperhatikan, menatap dan berkomunikasi. Pada saat ulangan, meja sebaiknya diubah menjadi format baris-barisan, hal ini untuk menghindari resiko anak yang suka menyontek soal-soal ulangan.

  1. TEMPERATUR
Temperatur ruang kelas harus sejuk, idealnya adalah 24 derajat Celcius. Disertai sirkulasi udara yang baik, sehingga ruang kelas tidak terasa gerah. Sirkulasi udara yang tidak baik dapat menyebabkan ruangan kekurangan oksigen. Bila hal ini dibiarkan, akan mengakibatkan murid mudah mengantuk, pusing, kurang konsentrasi dan tidak semangat belajar. Bagi sekolah yang ada di daerah panas sebaiknya dipasang kipas angin atau AC.

  1. TANAMAN
Adanya tanaman bunga dalam pot di ruang kelas dan vas bunga dimeja guru, akan menambah keindahan kelas. Selain itu okesigen yang dihasilkan tanaman itu juga bermanfaat menambah kesegaran udara di ruang kelas tersebut.

  1. KENYAMANAN
Selain meperhatikan sirkulasi udara, ruang kelas sebaiknya dihindari dari udara yang berbau tidak sedap, misalnya: kaos kaki siswa, bau air selokan atau sungai, bau kolam, dan sampah. Usahakan udara di kelas tetap segar. Guru dan murid boleh memakai parfum atau deodorant, bagi yang bau keringatnya.

  1. SUASANA HATI
Kegiatan belajar-mengajar akan lebih efektif apabila didukung suasana hati yang riang gembira (menyenangkan). Dengan demikian suasana belajar tidak menimbulkan stress dan ketegangan pada siswa. Guru sangat berperan penting dalam menciptakan suasana hati tersebut. Guru yang menampakkan ekspresi murung, sedih, dan marah-marah, semua ini akan mempengaruhi siswanya.

  1. HUBUNGAN SIKAP TUBUH DAN PIKIRAN
Pembelajaran yang efektif merupakan hasil interaksi seluruh tubuh dan pikiran. Untuk mencapai hasil belajar yang baik, dituntut sikap tubuh yang baik pula. Misalnya: membaca sambil tiduran tentu kurang baik hasilnya daripada membaca dengan duduk tegak. Pada waktu menulis, mata siswa jangan terlalu dekat dengan bukunya. Semua hal ini akan merusak mata dan tubuh. Ciptakan suasana senang dan minat yang besar terhadap apa yang dipelajari.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons