Minggu, 06 Desember 2009

ALAT BANTU DENGAR

Semua anak tunarungu diketahui masih memliki sisa pendengaran. Hal ini sudah dikemukan di artikel desibel. Anak tunrungu yang tidak dapat atau kurang dapat mendengar, dunianya akan terasa sepi dan sunyi. Anak tersebut juga tidak dapat mendengar merdunya suara kicauan burung, merdunya nanyian Afghan dan Krisdayanti, dan alunan musik yang mengalun indah. Akibat dari itu, anak tunarungu selalu merindukan suara dan bunyi.
Untuk mendengarkan berbagai macam suara dan bunyi maka alat bantu dengar sangat diperlukan. Dengan memakai alat bantu dengar anak tersebut dapat merasakan suara dan bunyi yang nyata. Ada alat itu, anak tersebut bisa mengontrol suaranya yang akan menjadi lebih baik dan jelas, dan juga bisa mendengar percakapan lawan bicaranya. Alat bantu dengar memanusiakan anak tersebut karena anak tunarungu menemukan dunia yang telah lama hilang, yaitu dunia bunyi. Dengan adanya bunyi, anak tersebut dapat memaknai hidupnya.
Untuk berbicara dengan huruf vokal, kita mengeluarkan 65% energi dan 35% energi untuk huruf konsonan. Bagi anak tunarungu, mereka kesulitan membedakan antara huruf konsonan dengan huruf vokal. Untuk mengatasinya, perlu memakai alat bantu dengar.
Alat bantu dengar adalah mesin atau alat yang memperkeras bunyi, tetapi tidak dapat menggantikan telinga. Alat ini sangat bermanfaat bagi orang tunarungu. ABD (alat bantu dengar) hanya dapat memperkeras suara tetapi tidak dapat meperjelas suara tersebut. Anda pernah memakai headset dari komputer, i-pod, atau HP? Sistem kerjanya kurang-lebih hampir sama dengan ABD itu.
Sebelum memakai ABD, telinga harus diperiksa dan ditest dahulu. Diperiksa dengan memakai audiometer. Hal ini untuk mengevaluasi ketepatan pemilihan ABD agar sesuai dengan telinga dan ketajaman pendengaran anak tersebut. Dengan memakai ABD dan earmould (acuan telinga) yang benar, anak tersebut akan betah memakai abdnya.
Ada orang yang berpikir, bila menggunakan ABD, dia akan menjadi bergantung (ketagihan) pada alat itu. Bila terlalu lama memakai abd akan menyebabkan orang tersebut menaikkan volumenya menjadi makin keras dan kuat. Hal ini akan menyebabkan ketajaman pendengarannya akan menjadi turun dan lemah.
Anggapan ini sama sekali tidak terbukti. Menurut pakar audiologik, hasil pemeriksaan anak yang memakai abd ternyata sebagian besar telah mengalami kenaikkan kemampuan dengar yang cukup signifikan yang kadang diluar kemampuan. Bunyi yang berasal dari ABD akan merangsang saraf di dalam telinga. Akibatnya, telinga tersebut telah mengalami kemajuan/peningkatan fungsi pendengaran.

Cara terbaik untuk menggunakan ABD adalah memakainya di sepanjang waktu kecuali pada waktu tidur dan mandi. Tindakan ini akan membuat ABD menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Penggunaan alat ini dapat disamakan dengan kacamata. Bila anda kurang tajam penglihatan pasti akan memakainya disepanjang waktu, bukan hanya dipakai kalau kaki anda menginjak sesuatu.
Alat bantu dengar merupakan sarana penting bagi tunarungu untuk dapat berkomunikasi dan bersosialisasi dengan masyarakat. Dan juga memahami dan mendengarkan musik. Abd yang bagus tidak harus selalu yang termahal. Sejalan dengan perkembangan teknologi yang makin canggih, teknologi abd pun juga ikut makin canggih. Ada alat bantu dengar yang berteknologi dengan multi channel/prosesor, multi penangkap dan pengaruh suara, serta multi mikrofon sehingga memudahkan menangkap suara percakapan dari segala arah sambil menyaring suara berisik. Alat ini juga bisa diatur dengan remote control. Ada alat yang diciptakan dengan teknologi anti feedback (timbal-balik) supaya pengguna dan di sekelilingi tidak terganggu suara mendenging dari abdnya. Ada abd yang ukurannya sangat mini, hanya sebesar jagung dan alat ini di masukkan ke liang telinga sehingga pemakainya tidak malu dan pede.
Penyebab kerusakan pada ABD:
  • Keringat & Air
  • Panas, lembab dan bahan kimia
  • Jatuh atau terbentur benda keras
  • Cairan kimia dari baterai
  • Kotoran telinga
Peralatan perawatan ABD:
  • Kuas kecil
  • Blower
  • Tissue/lap bersih
  • Cutton buds
  • Sabun
  • Drying Kit
Perawatan ABD harian:
  • Membersihkan badan ABD
Setiap selesai memakai lakukan hal berikut:
-          Sebaiknya lepaskan baterai ABD dari tempatnya
-          Lap seluruh permukaan ABD dengan lap halus kering atau dengan tissue kering
-          Pastikan keringat dan air tidak menempel pada badan ABD
-          Jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan ABD
  • Membersihkan lubang microphone
-          Sebaiknya lepaskan baterai ABD dari tempatnya
-          Ambil kuas kecil yang bersih
-          Bersihkan lubang microphone dengan menggunakan kuas kecil
  • Membersihkan earmould dan earhook
-          Lepas selang earmould dari ABD
-          Basuh earmould dengan air hangat dan sabun
-          Bilas earmould dengan air
-          Keringkan earmould (agar hasil lebih baik gunakan blower)
-          Pastikan earmould sudah kering sebelum dipasangkan lagi ke ABD
  • Membersihkan tempat baterai
-          Buka tempat baterai
-          Lepaskan baterai dari tempatnya
-          Ambil cotton bud yang bersih
-          Bersihkan dengan perlahan tempat baterei dengan cotton bud
  • Membersihkan battery contact
-          Buka tempat baterai
-          Lepaskan baterai dari tempatnya
-          Secara perlahan, bersihkan battery contact dengan cotton bud yang bersih
-          Jangan menggunakan cairan apapun untuk membersihkan battery contact
Penyimpanan:
  • Simpan ABD pada tempat yang sejuk dan kering
  • Jauhkan atau lindungi ABD dari panas yang berlebih
  • Simpan ABD pada tempat yang sulit dijangkau anak-anak ataupun binatang peliharaan
  • Lepas ABD ketika menggunakan produk perawatan rambut (hair tonic/hair lotion)
  • Buka tempat baterai dan simpan ABD pada kotaknya
  • Gunakan kotak yang disediakan atau disarankan
Drying Kit, terdiri dari:
  • Kapsul yang berfungsi menyerap dan membuat kering ABD pada kondisi lembab
  • Box drying berfungsi untuk menyimpan ABD
Service Berkala:
  • Dilakukan di pusat pelayanan audiologi
  • Dilakukan maksimal 4 bulan sekali
RUANG TANYA JAWAB

Kalau anak tunarungu diberi alat bantu dengar, apakah dia akan menjadi seperti kita?
Kalau begitu, semua SLB akan ditutup dan semua anak bisa masuk ke sekolah umum. Tetapi kenyataannya, hanya anak yang kurang pendengar dapat mengikuti sekolah umum sesudah dipasang alat bantu dengar. Yang dianggap kurang dengar adalah anak tunarungu yang audiogramnya menunjukkan ketunarunguan dibawah 60dB.
Baik alat bantu dengar jenis kantong, belakang telinga, maupun alat yang dicangkokkan ke dalam telinga rumah siput atau saraf pendengaran, semuanya merupakan alat yang membantu tunarungu. Alat-alat itu mengangkat anak dari dunia yang sunyi ke dalam dunia bunyi. Dengan memakai alat itu, banyak bunyi-bunyian yang bisa mereka dengar dan mereka nikmati. Setelah dilatih, baik melalui artikulasi atau BBPI (Bina Bunyi Persepsi dan Irama), mereka dapat mengenal dan membedakan berbagai macam bunyi dan suara. Mereka akan mencari sumber bunyi ketika mendengarkan bunyi yang didengarnya.
Perlu diterangkan di sini, meskipun memakai alat mendengar, bila berkomunikasi, komunikasi harus tetap dijalankan dengan saling tatap muka. Mereka juga harus tetap membaca ujaran/ bibir untuk menangkap dan mengerti apa yang disampaikan secara lisan. Alat itu tidak menghilangkan ketunarunguan tetapi hanyalah meningkatkan daya pendengaran.

Bagaimana cara merawat telinga dan alat bantu dengar?
Liang telinga harus sering dibersihkan, terlebih bila orang yang biasa memakai alat bantu dengar. Serumen dan kotoran lain di liang telinga harus dibersihkan dengan berkala. Bila kotoran tersebut sudah terlanjur keras, anak itu sebaiknya dibawa ke dokter untuk dibersihkan secara medis. Hati-hatilah untuk membersihkan telinga. Jangan memakai alat yang tajam dan keras karena dapat merobek gendang telinga dan merusak organ telinga.
Agar alat bantu dengar dapat berfungsi seoptimal mungkin, maka abd yang dilengkapi earmold (acuan telinga) itu harus sesuai dengan bentuk lubang di liang telinga dan daun telinga yang bersangkutan. Earmould bisa terkena kotoran yang berasal dari liang telinga, maka earmould itu harus dibersihkan. Cabut earmould itu dari alat bantu dengar dan rendam earmould itu ke dalam air hangat yang bersabun. Sesudah itu, sikat earmould itu sampai bersih. lap dan keringkan earmouldnya. Setelah itu pasangkan earmold ke alat bantu dengar. Semoga alat bantu dengar anda tetap awet dan tahan lama.

Berbagai sumber

3 komentar:

Megatone Hearing Aid Specialist mengatakan...

Ahli Reparasi dan Perawatan

Lebih dari 17 tahun melayani perbaikan , perawatan , pemasangan Alat Bantu Dengar dengan layanan pribadi , menjadi sahabat solusi keluhan pendengaran Anda .Bisa dipanggil ke tempat Anda di Bandung dan sekitarnya.Untuk wilayah luar kota Bandung ,bisa gunakan jasa pengiriman paket.

Dengan biaya hemat , kami berikan perbaikan dan perawatan terbaik kepada Alat Bantu Dengar milik Anda.

Tersedia pula Alat Bantu Dengar baru,sesuai kondisi kurang pendengaran dan anggaran biaya Anda.Kami tidak buka toko,Hubungi kami.

Pak Darto
Jl.Citarip Kidul 46-B
Komplek Citarip Barat
Bandung 40233
Telephone : 0226079840
Telephone / SMS : 02270132101 ; 081320474695

Unknown mengatakan...

Bisa dipakai untuk org dewasa tidak mas? Mohon penjelasa

Unknown mengatakan...

Bisa dipakai untuk org dewasa tidak mas? Mohon penjelasa

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons